Kendaraan bermotor saat ini memang sudah
sangat lekat dengan kehidupan kita, tanpanya,
mobilitas dan aktivitas kita tidak akan berjalan
lancar. Khususnya di daerah blora.wkwkw
Oleh karenanya kita sangat perlu untuk
memahami kendaraan kita agar mereka selalu
dalam kondisi siap ketika akan kita pergunakan.
Dan mari bersama kita belajar cara kerja mesin
kendaraan bermotor supaya kita tau gimana sih
cara kerjanipun, kepriwe kepriben supaya mesin
awet dan kepiye melakukan tindakan perbaikan.
Mari kita belajar bersama dan saling melengkapi
dan membenarkan jika ada yang kurang tepat.
Mesin kendaraan bermotor secara garis besar
dapat diklasifikasikan menjadi dua macam
(memang sekarang ada mesin pake motor listrik
tapi belum akan dibahas disini). Yaitu mesin 4
tak atau disebut 4 langkah atau 4 stroke dan
mesin 2 tak atau mesin 2 langkah atau mesin 2
stroke. Yang akan dibahas disini cuman mesin2
berbahan bakar minyak alias BBM mohon
maklum. Nah sebelum belajar cara kerjanya,
alangkah baiknya kalo mengenal dulu bagian2
mesin (alon2 waton kelakon). Kiye tiliki bae
gambare:
Gambar 1. Penampang mesin tegak 4 tak SOHC
Itu gambar berdasarkan istilah orang2 bule, nek
diterjemahin ke bahasa Indonesa, lain lagi, tar di
masing2 daerah bisa lain lagi namanya. Ini
istilah umum di Indonesia aja, sekalian
fungsinya:
A. Katup atau klep masuk/hisap. Itu ada per
dan pelatuknya ( rocker arm).
Buat ngatur buka tutupnya saluran hisap (C).
Pelatuk bwt menekan katup supaya membuka
dan pernya supaya katup kembali ke posisi awal.
B. Penutup klep ya bisa juga disebut engine
cover atau penutup mesin biar rapi lah.
C. Saluran hisap.
Ini saluran untuk memasukkan campuran udara
dan bahan bakar. Waktunya diatur oleh klep
masukan pada butir A. (KAYA UUD AJA)
D. Blok silinder ya blok silinder.
E. Pendingin silinder, bisa cairan (radiator) atau
kisi2 (sirip2).
Asalkan Anda tau, mesin itu suangat puwanas
karena di dalamnya memang dilakukan
pembakaran BBM untuk menghasilkan daya,
semakin panas, efisiensi mesin akan turun dan
membuat komponen mesin melar, jadi nggak
presisi dan nek overheat jg bs merusak mesin.
So wajib dikasih pendingin dah tuh mesin.
F. Blok mesin ya blok mesin.
G. Wadah oli.
Jadi klo kita nuang oli dari lubang masukan oli
mesin, ditampungnya di sini.
H. Genangan oli.
Genangannya tergantung seberapa banyak kita
nuang oli ke mesin bisa 800mL , 1L, 4L dLL
I. As/poros kam atau noken as kata orang2
bengkel.
Ini buat ngatur timming si klep masuk(A) dan
klep buang(J), kapan mereka harus membuka
atau menutub. Pada mesin ada dua macem
camshaft, yaitu:
SOHC ( single overhead camshaft) jadi camshaft
cuman atu aja di dalem mesin dan tongolannya
(dalam 1 silinder, rocker arm yang terpasang di
camshaft ada dua, buat melatuk klep masuk dan
buang) SOHC kaya terlihat di gambar 1.
DOHC (dual apa dobel,lupa overhead camshaft)
nah ini berarti ada dua batang camshaft di
dalem mesin (masing2 camshaft cuman
mengurusi 1 klep aja, klep masuk atau buang,
jadi tongolan (dalam 1 silinder , rocker arm nya
tetep dua, tapi satu nempel di camshaft yang
ngurusin klep masuk, satu lagi nempel di
camshaft yang ngurusin klep buang). Contoh
mesin DOHC di gambar no 2 di bawah ntar.
Ni ada animasi camshaft yang sedang berputar
menggerakkan rocker arm dan rocker arm
tersebut memicu katup in dan out supaya
membuka dan menutup.
J. Katup atau klep buang atau keluar. Itu ada
per dan pelatuknya ( rocker arm) juga.
Buat ngatur buka tutupnya saluran buang (L).
Pelatuk bwt menekan katup supaya membuka
dan pernya supaya katup kembali ke posisi awal.
K. Busi, buat memercikkan atau menghasilkan
api supaya campuran udara dan BBM terbakar,
meledak dan mendorong piston untuk melakukan
langkah usaha.
L. Saluran buang.
Ini saluran untuk “NGELUARIN ” (knapa harus
tanda kutip?):p hasil pembakaran campuran
udara dan bahan bakar tadi. Waktunya diatur
oleh klep keluaran pada butir J. (KAYA UUD
LAGI)
M. Piston atau orang nyebut seher, seker torak
semua sama, padha bae sami mawon.
Fungsinya untuk…
mmmmm…
aduhhh…
apa yaa…
keringat dingin…
dag,,
dig,,
dug,,
DHUWAR!!!
YaK benul!
Fungsinya ya untuk membuat gerakan naik turun
(hush jgn ngeres!).
Nek turun membuat silinder vakum, jadi
campuran udara dan BBM masuk ke silinder
lewat saluran hisap (tentu disertai pembukaan
klep masuk dan si klep buang ditutup. Ini
disebut langkah hisap.
Trus piston naik lagi menekan campuran udara
dan BBM tadi, tekanannya jadi sangat tinggi dan
sangat mudah terbakar… Ini disebut langkah
kompresi, kedua klep kondisinya menutup kedua
saluran.
Trus saatnya pembakaran, kedua klep kondisinya
masih menutup kedua saluran. Dan sekarang
saatnya busi meletikkan api dan… dhuwar…
piston tertekan ke bawah lagi sekaligus
melakukan usaha, makanya ini disebut langkah
usaha.
Trus gerakan terakhir piston naik lagi, sisa2
pembakaran didorong keluar melalui saluran
buang, otomatis klep buang terbuka dan klep
masuk ditutup. Ini disebut langkah buang.
La trus silinder tu sbnrnya apaan? Silinder ya
ruangan jalur naik turunnya piston. Ruangan
vakum di atas piston, (ketika piston sedang
turun) sering disebut ruang bakar. Ruang bakar
juga merupakan bagian dari silinder.
N. Stang seher begitu orang bengkel sering
bilang. Ini gunanya untuk,,,aduhh,,, :p
Buat meneruskan gerakan linier dari piston (naik
turun) supaya bisa jadi gerakan memutar di
crankshaft (P).
O. Titik pertemuan antara stang seher dengan
crankpin bagian dari crankshaft atau kruk as.
P. Kruk as ini buat nerusin gerakan dari piston,
kruk as itu panjang. Disepanjang kruk as
terpasang crankpin (hubungan dg stang seher)
dan ada juga flywheel atau roda gila, dia
berfungsi mengisi daya ketika piston sedang
enggak melakukan langkah usaha. Berarti yang
mengisi daya ketika langkah hisap,buang
maupun kompresi adalah si flywheel ini.
Ini ada animasi lagi, crankshaft berwarna merah,
silinder biru, piston abu2, dan flywheel item.
Ini ada gambar lagi, 3 dimensi bro…tu disitu
keliatan camshaftnya dua karena ini mesin
DOHC
Gambar 2. 3D mesin mobil 4 tak, 4 silinder,
DOHC
Ni lo gerakan mesin 4 tak…
Fb: ari_bagiyo@yahoo.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar